Wednesday, June 8, 2016

Makin Kompetitif Penerima Beasiswa StuNed Kini Cuma 60 Orang


Makin Kompetitif Penerima Beasiswa StuNed Cuma 60 Orang

Jumlah mahasiswa Indonesia yang melanjutkan pendidikan di Belanda bisa meningkat sampai 15 persen per tahun. Secara otomatis, jalur beasiswa pun mulai susah diburu. Hal itu bisa dilihat dari salah satu program beasiswa yang difasilitasi oleh pemerintah Belanda, StuNed (Studeren in Nederland). Kalau tahun lalu, program ini meloloskan 103 penerima beasiswa, kini jumlahnya berkurang menjadi 60 penerima beasiswa.

Jumlah aplikasi yang masuk tiap tahunnya selalu menujukkan peningkatan. Beasiswa StuNed berbeda dengan kebanyakan program beasiswa yang mengharuskan calon penerima mengikuti tes wawancara dan membuat motivation letter, StuNed justru menghilangkan kewajiban itu. 

Sebagai gantinya, ada tiga pertanyaan yang harus dijawab peserta menggunakan kalimat berbahasa Inggris. Tiga pertanyaan yang menunjukkan motivasi kita, yaitu hubungan dengan karier, hubungan dengan bidang yang diinginkan, serta hubungannya dengan Indonesia. Masing-masing pertanyaan dijawab dengan maksimal 250 kata.

Untuk menjawab semua pertanyaan itu, memerlukan persiapan yang matang. Salah satu cara yang bisa dilakukan yakni dengan berdiskusi lewat forum dengan beberapa anggota yang pernah mengikuti seleksi penerima beasiswa luar negeri  atau kita dapat mencarinya secara mandiri di internet.

Menulis aplikasi untuk pendidikan harus ideal. Paling tidak, calon penerima beasiswa sudah paham ilmu apa yang diambilnya sehingga tahu hubungan dengan dunia karier, dan bagaimana berkontribusi pada negara kelak. Kalau paham, kita sendiri bisa menjelaskannya secara ringkas, jelas dan spesifik

No comments:

Post a Comment